Header logo

Masa Depan Karirmu Setelah Covid-19

Kehadiran pandemi Covid-19 ini banyak mengubah kehidupan yang biasa kita jalani. Hari-hari yang biasanya kenal dengan akrab mungkin telah pergi dan hari baru diluar zona nyaman kita telah menunggu untuk kita jajahi. Yuk coba kita lihat bagaimana sih sebenarnya keadaan karir dan dunia kerja saat ini sambil mempelajari kiat-kiat yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan perubahan itu.

1. Mengubah Pandangan terhadap Frontliner

Orang-orang yang telah berjuang di periode Covid-19– seperti petugas rumah sakit, tukang Pos, kasir, kurir, dan supir taksi, agar kita tetap dapat melakukan aktivitas tanpa harus keluar rumah adalah pemeran utama dalam situasi saat ini. Ketika semua kegiatan diberhentikan, para frontliner ini tetap bekerja bahkan lebih keras. Pandemi ini tentunya akan mengubah cara pandang lingkungan kita terhadap pahlawan-pahlawan ini, baik secara finansial ataupun dari sisi kemanusiaan. Semoga dengan adanya pandemi ini, kita dapat lebih menghargai sesama dan mendapatkan taraf hidup yang layak. Apapun pekerjaannya, semua pekerja harus dipandang dan dihargai sama rata. Yuk kita dukung dan hargai satu sama lain dengan cara apapun semampu kita!

2. E-Business Naik Daun

Resolusi digital sebenarnya telah berlangsung selama belasan tahun, namun dengan adanya pandemi ini platform digital menjadi hal yang krusial bagi semua bisnis, baik untuk berkomunikasi dengan internal perusahaan ataupun berdiskusi dengan klien. Maka dari itu, bisnis dengan platform online dapat menghadapi keadaan krisis ini dengan lebih baik karena mereka telah memiliki sarana yang dibutuhkan di saat seperti ini. Online-shoping dan delivery kini menjadi hal penting bagi banyak orang. Banyak bisnis kecil harus terseok-seok karena belum menerapkan digitalisasi dalam bisnisnya dan tiba-tiba harus menyesuaikan diri karena keadaan. Kalau kamu seorang pemilik bisnis, gunakan waktu ini untuk menghadirkan sentuhan digital dalam bisnismu agar dapat terus mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah ini ya!

3. Pekerjaan Tambahan adalah Zona Nyamanmu

Kehadiran Covid-19 membuat keadaan ekonomi terjun bebas. Tidak sedikit orang yang mengalami pemberhentian kerja dari pekerjaan utamanya ataupun merasakan pemotongan gaji. Konsep memiliki pekerjaan “utama” kini sangat berubah. Itulah mengapa waktu seperti ini menjadi saat yang tepat untuk melakukan hal yang belum sempat kita lakukan – mempelajari skill baru dan memulai project baru untuk persiapan menghadapi hal-hal tidak terduga. Jadikan skill sebagai suatu hal yang unik dan tidak dimiliki orang lain, jelajahi potensi yang kamu miliki selama ini. Kamu tidak pernah tahu mungkin part-time job atau project mandiri kamu mungkin menyelamatkan kamu dari keadaan ekonomi yang tidak menentu, lho!

4. Menejemen Waktu menjadi Kunci Utama

Dalam keadaan seperti ini yang mengharuskan beberapa orang “Work from Home”, semua keputusan ada di tangan kita untuk merancang jam kerja sendiri yang sehat dan efisien. Konsumsi makanan yang sehat, beristirahat yang cukup, dan buat jadwal yang nyaman untukmu. Mungkin jam kerja kamu tidak lagi jam 9 pagi sampai jam 5 sore (bahkan beberapa perusahaan sedang mengevaluasi jam kerja mereka, lho!). Bangun kehidupan personal dan pekerjaan yang seimbang, tidak ketinggalan juga buat batasan untuk diri kamu sendiri, meskipun kamu bekerja “sesuai pesanan” seperti driver atau kurir.

5. Mempelajari Cara Baru Berkomunikasi

Selama menjalani social distancing, kita tetap harus berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai latar belakang meskipun hanya secara online seperti melalui social media. Siapa sangka mungkin dari komunikasi ini akan membawa kamu kepada project baru yang menyenangkan. Eits, jangan sampai kegiatan positif ini berhenti ketika keadaan sudah normal ya. Kamu dapat terus menggunkan platform digital semaksimal mungkin, bergabung dengan komunitas, berbagi cerita dan nasihat dengan teman seprofesi, ataupun berjelajah di luar zona nyaman kamu!

Stay safe, ikuti peraturan mengenai kebersihan dan perlindungan diri, dan jangan paksa diri kamu terlalu keras untuk menghadapi semua. Wajar saja kok kalau kamu mau sedikit lebih santai dengan adanya tekanan dari berbagai sisi dan faktor X lainnya. Gunakan waktu ini untuk mengumpulkan tenaga dan pengetahuan kamu agar kamu lebih siap dan menjadi diri yang lebih baik untuk menghadapi masa depan ya!