Header logo

Menghadapi krisis COVID-19 dengan Profesi Supir Taksi

Saat ini dunia sedang menghadapi masa yang sulit. Cara kita berkomunikasi, bekerja, dan mobilisasi menjadi berubah, sehingga harus beradaptasi dengan realita baru yang kita hadapi. Sebagai driver, kamu mungkin mengalami penurunan pendapatan. Seberat apapun itu, kamu tetap harus menyadari bahwa kamu tidak sendiri dalam keadaan ini. Solusi utama untuk menyikapinya adalah dengan bertahan dalam keadaan yang tidak menentu ini. Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan:

Keamanan Selalu Menjadi Prioritas Utama

Kamu harus sadar kesehatanmu sangat berharga. Kalau memungkinkan, kurangi jam kerjamu dan habiskan waktu dirumah sebanyak mungkin untuk menghindari resiko yang dapat terjadi. Kalau kamu memutuskan untuk tetap bekerja, gunakan peralatan perlindungan diri seperti masker, sarung tangan, dan handsanitizer. Bersihkan kendaraanmu dengan disinfektan sebelum memulai perjalanan, jangan lewatkan hal-hal kecil seperti interior kendaraan, jok, dan handle pintu ya. Hindari kontak langsung dengan penumpang serta prioritaskan pembayaran tanpa kontak fisik.

Cari Penumpang di Tempat Baru

Selama masa lockdown, kamu mungkin kehilangan penumpang langgananmu yang biasanya bekerja, terburu-buru pergi ke tempat meeting atau mengunjungi kafe untuk melepas penat di malam hari. Tenang saja, tetap ada tempat untuk mencari penumpang dan membantu melindungi mereka dari resiko terpapar virus apabila harus berjalan atau menggunakan transportasi umum. Coba kunjungi swalayan dan rumah sakit sekitarmu, tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan ride request. Kamu juga bisa turut serta dalam memerangi pandemic dengan membantu dokter dan suster pulang-pergi dari lokasi kerjanya dan memberi harga diskon atau secara gratis, lho!

Tambah Variasi Pekerjaanmu

Dengan penurunan jumlah perjalanan, ada banyak cara baru untuk mendapatkan uang yang dapat kamu lakukan seperti memberikan layanan delivery. Coba cari tahu mengenai program baru disekitarmu yang dibuat untuk menyesuaikan keadaan COVID-19 ini. Contohnya beberapa driver di New York mengantarkan makanan untuk orang lanjut usia dan penyandang disabilitas. Tidak sedikit driver yang menemukan taktik kerja baru dan merasa lebih aman dengan cara yang aman dan tanpa kontak fisik. Kamu bahkan bisa coba menghubungi toko dan bisnis di kotamu, barang kali mereka membutuhkan layanan delivery dan kamu bisa menjadi orang pertama yang mereka hubungi.

Taati Peraturan

Jangan lupa untuk selalu taati peraturan dari pemerintah wilayah sekitarmu. Dengan keadaan yang berubah-ubah, peraturan baru ditetapkan setiap harinya. Hati-hati dengan perbaruan peraturan dan hindari hal-hal yang membahayakan kesehatan dan pekerjaanmu.

Selalu tanamkan masa sulit ini akan berlalu, jadi kamu harus menghadapinya semaksimal mungkin. Selepas hujan akan ada pelangi. Jaga selalu kesehatanmu, stay safe, dan tetap lindungi dirimu ya!